Kaya Nutrisi Esensial, Ini 7 Makanan untuk Mencerahkan Kulit secara Alami

Sabtu, 27 Januari 2024 | 12:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kaya Nutrisi Esensial, Ini 7 Makanan untuk Mencerahkan Kulit secara Alami

ILUSTRASI. Susu Kedelai sebagai salah satu makanan untuk mencerahkan Kulit secara Alami


KESEHATAN - JAKARTA. Amati daftar makanan untuk kecerahan kulit dan menyediakan nutrisi esensial. Nutrisi penting diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari pengaruh lingkungan yang merugikan.

Kulit, sebagai bagian tubuh yang sangat peka terhadap perubahan lingkungan seperti sinar matahari dan polusi udara, memerlukan perawatan khusus.

Nah, harus diingat bahwa makanan saja tidak akan memberikan perubahan instan dalam mencerahkan kulit.

Meskipun demikian, mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi dapat memberikan dukungan bagi kesehatan kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Biduran dengan Obat hingga Bahan Alami

Kesehatan kulit

Berikut adalah beberapa nutrisi makanan yang dapat membantu menjaga kulit sehat dan tampak lebih cerah wajib dikonsumsi.

Daftar nutrisi untuk mencerahkan kulit

  • Beta-Karoten: Nutrisi ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan membantu menjaga kulit terlihat cerah.
  • Omega-3 Asam Lemak: Omega-3 membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, dan dapat memberikan kilau alami pada kulit.
  • Vitamin C: Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, dan memberikan kilau kulit.
  • Vitamin E: Vitamin E muncul sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.
  • Vitamin A: Nutrisi vitamin ini mendukung regenerasi kulit yang sehat dan membantu mengurangi produksi sebum berlebih, yang dapat membantu mencegah jerawat.

Setelah mengetahui nutrisi penting untuk melindungi dan mencerahkan kulit, Anda patut mencoba dan catat daftar makanan berikut ini.

Baca Juga: 9 Penyebab Kulit Tangan Gatal selain Eksim yang Perlu Diwaspadai

Makanan yang mencerahkan kulit

Berikut rekomendasi makanan yang mencerahkan kulit dan melindungi dari berbagai ancaman serius dilansir dari laman Mount Elizabeth.

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kekenyalan dan kecerahan kulit. Kandungan ini juga memiliki kemampuan mengurangi peradangan, kemerahan, dan jerawat, sambil memperkuat perlindungan kulit terhadap sinar UV.

Dengan kaya vitamin E, ikan berlemak menyediakan antioksidan yang melindungi kulit dari iritasi dan kerusakan akibat radikal bebas, sambil mendukung pertumbuhan sel kulit baru dengan tingginya kandungan protein dan zinc.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat menjaga kelembapan dan ketegangan kulit. Kaya akan vitamin C dan E, buah ini mendukung kesehatan kulit serta melawan radikal bebas. Alpukat juga menyediakan biotin, vitamin B yang diyakini dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, mencegah masalah kulit seperti ruam, nyeri, psoriasis, dermatitis, dan gatal.

3. Kedelai

Kedelai, mengandung isoflavon, membantu mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit dengan memblokir estrogen dalam tubuh. Manfaat ini terutama ditemukan pada wanita pascamenopause, dan isoflavon juga dapat ditemukan dalam makanan lain seperti buncis, pistachio, dan kacang tanah.

4. Kacang Kenari

Kacang kenari, sebagai camilan bergizi, kaya akan vitamin E, vitamin C, seng, dan selenium, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan kulit. Dengan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang lebih tinggi daripada kacang lain, penting untuk mengonsumsi kacang dalam jumlah moderat untuk menghindari efek samping seperti penambahan berat badan.

Buah Kenari

5. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari, sebagai camilan sehat, meningkatkan kesehatan kulit melalui kandungan vitamin E, selenium, dan seng. Minyak biji bunga matahari, yang kaya akan asam linoleat dan asam lemak esensial, mendukung kesehatan kulit dengan baik.

6. Wortel

Wortel, kaya akan vitamin A, melawan dampak negatif sinar matahari, membantu menjaga kelembutan dan kilau sehat pada kulit. Mengandung provitamin A, seperti beta-karoten, wortel dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, memberikan perlindungan tambahan terhadap sinar matahari.

7. Cokelat Hitam

Cokelat hitam memberikan manfaat bagi kulit karena mengandung banyak antioksidan dari bubuk kakao. Antioksidan ini membantu menghidrasi dan melunakkan kulit, membuatnya kurang sensitif terhadap sinar matahari, sambil meningkatkan aliran darah.

Pilihan yang lebih sehat adalah memilih coklat hitam dengan kandungan kakao 70% untuk mendapatkan antioksidan dengan lebih sedikit tambahan gula.

Tentu, efek makanan pada kulit dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor lain seperti genetika, gaya hidup, dan kondisi kesehatan.

Itulah informasi terkait makanan untuk mencerahkan kulit secara alami yang mudah ditemui dan dikonsumsi.

Selanjutnya: Pamor Nikel Indonesia Dinilai Masih Cerah untuk Jangka Panjang, Ini Alasannya

Menarik Dibaca: Awas, 5 Makanan yang Bisa Picu Kanker Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru