Periksa 7 Minuman Penurun Panas Demam untuk Anak hingga Orang Dewasa

Minggu, 04 Februari 2024 | 11:05 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Periksa 7 Minuman Penurun Panas Demam untuk Anak hingga Orang Dewasa

ILUSTRASI. Minuman Penurun Panas Demam untuk Anak hingga Orang Dewasa. SHUTTERSTOCK/ Ika Dianawati via Kompas.com


KESEHATAN - JAKARTA. Cek daftar minuman penurun panas demam yang wajib Anda coba. Kondisi tidak nyaman saat demam tentu bisa mengganggu aktivitas sehingga perlu beristirahat. 

Panas atau demam adalah respons alami tubuh terhadap infeksi, penyakit, atau kondisi lainnya. Saat tubuh terkena bakteri, virus, atau substansi asing lainnya, sistem kekebalan tubuh merespons dengan meningkatkan suhu tubuh untuk membantu melawan infeksi.

Peningkatan suhu tubuh ini adalah mekanisme pertahanan tubuh yang dikenal sebagai demam.

Demam umumnya disertai dengan gejala lain seperti menggigil, kelelahan, sakit kepala, otot-otot yang terasa lemah, kehilangan nafsu makan, dan keringat berlebih. Pengukuran suhu tubuh dapat dilakukan dengan termometer.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Es yang Menakjubkan Buat Kesehatan Tubuh, Cek Apa Saja

Demam

Ada beberapa cara untuk menurunkan demam yang bisa dicoba selain minuman berikut ini:

  • Obat Antipiretik: Konsumsi obat antipiretik seperti parasetamol atau ibuprofen sesuai dosis yang disarankan oleh dokter untuk menurunkan suhu tubuh. Hindari memberikan aspirin pada anak-anak.
  • Mandi Air Hangat atau Kompres Dingin: Mandi dengan air hangat atau gunakan kompres dingin di dahi, leher, dan seluruh tubuh untuk membantu menurunkan suhu tubuh.
  • Istirahat yang Cukup: Beristirahatlah dengan cukup untuk membantu tubuh melawan infeksi dan memulihkan diri.
  • Hindari Pakaian Tebal: Kenakan pakaian ringan agar panas tubuh dapat leluasa keluar.
  • Konsumsi Makanan Bergizi: Makan makanan sehat dan bergizi untuk membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Ada beberapa resep minuman penurun demam yang bisa Anda coba dan dibuat dari rumah.

Simak daftar minuman penurun panas yang bisa dicoba untuk mengendalikan demam dilansir dari Lifehack.

Baca Juga: 3 Fase Demam Berdarah pada Anak dan Pengobatannya yang Perlu Dipahami Orang Tua

Daftar minuman penurun panas

1. Kaldu Ayam

Konsumsi kaldu ayam buatan nenek secara rutin saat sedang sakit dapat menjadi langkah yang membantu mengatasi demam. Meskipun ada berbagai jenis kaldu yang efektif, kaldu ayam terbukti sebagai cara yang sangat efektif dalam melawan demam.

Kaldu ini tidak hanya mampu mengurangi kemacetan, tetapi juga memperbaiki jaringan tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, disarankan untuk mencoba resep kaldu ayam yang telah terbukti efektif.

2. Teh Herbal

Terdapat sejumlah manfaat minum teh, baik berdasarkan penelitian ilmiah maupun pengalaman pribadi. Salah satu manfaat jarang dibicarakan adalah kemampuan teh, baik panas maupun dingin, dalam meredakan demam.

Gabungan sedikit hidrasi dengan kafein yang tepat dapat memberikan sensasi yang menyenangkan. Selain itu, teh mudah disiapkan dengan cara merebus kantong teh yang mungkin sudah tersedia di rumah dalam air panas selama beberapa menit.

Berbagai jenis teh memiliki kandungan vitamin yang dapat membantu mengatasi demam, dengan teh bunga linden dianggap sangat efektif.

3. Cuka Sari Apel

Sari Apel memiliki sejumlah manfaat, salah satunya adalah kemampuannya dalam melawan demam. Untuk mengatasi demam, Anda dapat memilih untuk mengonsumsi Cuka Sari Apel secara langsung setiap jam atau mencampurnya dengan air panas untuk mandi.

Pilihan tersebut dapat membantu meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Berbagai resep dapat dijajal untuk mencari yang paling sesuai.

Cuka apel

4. Air Mineral

Meskipun cairan lain dapat membantu melawan demam, air mineral tetap menjadi pilihan terbaik. Selama demam, tubuh kehilangan cairan melalui suhu tubuh yang meningkat. Oleh karena itu, minum air mineral biasa sangat penting untuk menggantikan cairan yang hilang akibat berkeringat, muntah, atau diare.

5. Minuman Elektrolit

Jenis minuman seperti minuman olahraga atau solusi elektrolit dapat membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang selama demam. Namun, perlu diperhatikan kalori dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

6. Jus Buah

Meskipun jus buah bukan cara efektif untuk menurunkan berat badan, namun dapat membantu saat sedang demam karena mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Jus jeruk, khususnya, dapat merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan frekuensi buang air kecil, membantu mengeluarkan racun dari tubuh secara alami.

Jus buah bisa memberikan manfaat positif, terutama jika menggunakan perasan buah segar untuk memaksimalkan dampaknya.

7. Minuman Jahe

Minuman dengan jahe dapat memberikan efek pemanasan pada tubuh dan memberikan efek menenangkan. Teh jahe dapat disiapkan dengan memotong jahe segar dan merebusnya dalam air.

Jika demam berlangsung lama atau disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Demikian penjelasan terkait minuman penurun panas demam yang wajib Anda ketahui bisa untuk anak hingga orang dewasa.

Selanjutnya: BMKG Ramalkan Cuaca Besok di Jawa Timur, Ada Tiga Wilayah Diguyur Hujan Lebat

Menarik Dibaca: BMKG Ramalkan Cuaca Besok di Jawa Timur, Ada Tiga Wilayah Diguyur Hujan Lebat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru