Urutan Rukun Islam Ada 5: Syahadat, Salat, Zakat, Puasa, dan Haji

Minggu, 09 Oktober 2022 | 08:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Urutan Rukun Islam Ada 5: Syahadat, Salat, Zakat, Puasa, dan Haji


KONTAN.CO.ID - Rukun Islam ada 5. Hal ini diungkapkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam dalam hadis berikut ini:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ. [رواه البخاري]

“Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)”. 

Dalam hadits diatas sudah disebutkan bahwa Islam dibangun atas lima perkara sebagai pondasi dalam hidup untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Rukun Islam adalah perbuatan atau amalan yang bentuk fisik dan diyakini dapat menjadi perantara untuk masuk ke surga nantinya. 

Nah, jadi seperti apa penjelasan rukun Islam? 

Baca Juga: Rukun Iman Ada 6, Ini Urutan dan Penjelasannya

Rukun Islam ada 5

Rukun Islam ada 5

Dirangkum dari laman resmi Muhammadiyah dan Gramedia, berikut adalah penjelasan mengenai rukun Islam ada 5:

1. Syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah membaca syahadat. Umumnya sebagian masyarakat menggunakan syahadat sebagai amalan harian, berikut ini lafadznya:

Lafaz dua kalimat syahadat adalah:

Asyhadu an-laa ilaaha illallaah Wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah.”

Artinya:

“Saya bersaksi tiada Tuhan Yang berhak disembah Selain Allah dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

Saat mengucapkan syahadat tersebut harus diiringi dengan kehati-hatian karena berkaitan dengan keyakinan terhadap Allah SWT. Selain itu juga tidak boleh disemabrang tempat misalnya WC mencerminkan perbuatan menghina arena dilafazkan pada lokasi yang najis.

Baca Juga: Tips Memilih Pesantren yang Aman untuk Anak dari Kemenag, Orangtua Bisa Coba

2. Salat

Rukun Islam yang kedua adalah salat. Dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) salat adalah ibadah yang harus dilakukan oleh muslim mukalaff dengan syarat, rukun dan bacaan tertentu di mulai dari takbir dan diakhiri dengan salam.

Total ada 17 rakaat salat dalam 5 waktu yang harus dilakukan oleh umat Islam. Rinciannya adalah salat subuh berjumlah 2 rakaat, salat zuhur berjumlah 4 rakaat, salat ashar berjumlah 4 rakaat, salat magrib berjumlah 3 rakaat, dan salat isya berjumlah 4 rakaat.

3. Zakat

Kemudian, rukun Islam yang ketiga adalah zakat. Zakat adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh masyarakat yang beragama Islam setiap bulan Ramadhan dengan syarat dan aturan pengerjaan yang sudah ditetapkan. 

Takarannya sendiri ditetapkan agar tidak memberatkan umat sehingga banyak yang melaksanakannya.

Baca Juga: 6 Rukun Haji yang Harus Dipatuhi Agar Ibadah Sah

4. Puasa

Selanjutnya, rukun Islam yang keempat adalah puasa. Bagi umat Islam, menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan setiap tahunnya. 

5. Haji

Rukun Islam yang kelima adalah menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Alasan mengapa dikatakan wajib untuk yang mampu arena perjalanan menuju tanah suci memerlukan dana yang tidak sedikit.

Ibadah haji sendiri di laksanakan setiap tahunnya pada bulan Zulhijjah. Pada waktu tersebut umat muslim seluruh dunia berkumpul di tempat sama yaitu Baitullah.

Demikian penjelasan mengenai rukun Islam ada 5 serta urutan rukun Islam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru